Thursday 22 February 2018

Supervisi Pendidikan (Teori dan Pengaplikasian)

SUPERVISI PENDIDIKAN (Teori dan Pengaplikasian)

Penulis: Awaluddin Sitorus, M.Pd., M.Si & Siti Kholipah, S.Pd., M.Pd
Kategori: Nonfiksi
Tebal: 292 halaman
Ukuran: 14x21
ISBN: 978-602-6537-64-5


Harga PO: 53.000
Harga di luar PO: 56.500
--------------------------------------------
Cetakan Pertama, Februari 2018
Penerbit: Swalova Publishing
IG : @swalova_pub
Email : swalova.pub@gmail.com
_____________________________
Blurb:

Arti Supervisi menurut asal usul atau etimologinya merupakan bentuk perkataan atau morfologi maupun isi yang terkandung dalam perkataan itu atau semantik. Secara morfologis bahwa supervisi berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti di atas dan vision berarti melihat dan masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan, pengawasan, dan penilikan. 
lstilah supervisi pendidikan sudah cukup lama dikenal dalam dunia pendidikan di lndonesia. Pengertian supervisi pendidikan pada umumnya mengacu pada usaha perbaikan situasi belajar dan mengajar. Namun, di kalangan para ahli pendidikan tampaknya masih banyak keragaman penafsiran maupun tanggapan dalam istilah supervisi pendidikan. Keragaman pendapat ini membawa implikasi yang berbeda pula dalam pelaksanaannya di sekolah-sekolah. Pandangan beberapa ahli mengenai supervisi pendidikan, tentu perlu dikaji dan dicermati. 

Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personel tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar. Secara operasional dapat dikemukakan beberapa tujuan konkrit dari supervisi pendidikan yaitu Meningkatkan mutu kinerja guru, Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik, Meningkatkan keefektifan dan keefesiensian sarana dan prasarana, Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah, Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah.

Fungsi supervisi ini penting diketahui pengawas dan kepala sekolah. Fungsi-fungsi tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, jika oleh para supervisor dapat memenuhi fungsi-fungsi tersebut dalam melaksanakan tugas profesionalnya, diperkirakan para guru akan memperoleh bantuan dalam memecahkan berbagai kesulitannya dalam melaksanakan tugas pembelajaran. 

Desain sistem belajar mengajar dari prosedur pendidikan dan latihan yang dikembangkan dalam industri dan militer khususnya pada tahun-tahun terakhir ini. Pendekatan sistem mengandung dua aspek yakni filosofis dan aspek proses. 
Pendekatan sistem pendidikan dipergunakan untuk menunjuk pengertian skema atau metode pengaturan organisasi atau susunan sesuatu atau metode. Dapat juga dalam arti suatu bentuk atau pola pengaturan, pelaksanaan atau pemrosesan dan juga dalam pengertian metode pengelompokan, pengkodifikasian, dan sebagainya. Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia jauh lebih mendesak untuk segera direalisasikan terutama dalam menghadapi era persaingan global. 

_____________________________
Format pemesanan:
Nama#Alamat lengkap surat menyurat dan kodepos#Judul Buku#Jumlah Buku. Kirim via inbox/IG Swalova.
HAPPY ORDER!!!

No comments:

Post a Comment